Efek Bila The Fed Menaikkan Suku Bunga



Metrotvnews.com, New York: Federal Reserve AS dijadwalkan akan mengumumkan tingkat suku bunganya. Lalu apa dampak yang akan terjadi bagi Amerika Serikat (AS) jika the Fed menaikkan suku bunganya?

Apabila bank sentral AS tersebut meningkatkan suku bunganya, maka akan memberikan daya angkat bagi bank-bank kakap di Negeri Paman Sam. Selain itu, akan mengimbangi penurunan laba dari penyelesaian hukum dan pengetatan peraturan.

AFP melansir, seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/9/2015), jika Fed memberikan lampu hijau untuk kenaikan suku bunga pada Kamis, JPMorgan Chase, Bank of America dan bank-bank besar lainnya akan mengenakan biaya pinjaman lebih besar untuk perusahaan dan individu. Sehingga mempengaruhi transaksi tak terhitung dari pembelian mobil dan hipotik, hingga investasi modal usaha.

"Pinjaman uang akan menjadi menguntungkan lagi," kata Presiden Meeschaert Capital Markets, Gregori Volokhine.

Bank juga akan melihat kenaikan suku bunga Fed sebagai sebuah dorongan untuk prospek ekonomi dan lampu hijau untuk meningkatkan tingkat pinjaman keseluruhan. Seperti diketahui, setelah pertemuan dua hari, The Fed pada Kamis pukul 18.00 GMT akan merilis pernyataan kebijakan moneter, diikuti oleh konferensi pers dengan Ketua Fed Janet Yellen.

Para pejabat Fed telah mengisyaratkan rencana untuk mengangkat tingkat suku bunga pada 2015, tetapi beberapa analis memperkirakan langkah Kamis telah menjadi kurang mungkin karena turbulensi di pasar dunia.

Jika Fed mengangkat suku bunganya, itu akan menjadi kenaikan yang pertama sejak 2006. Peningkatan suku bunga pinjaman mereka satu persentase poin yang diterjemahkan menjadi USD2,70 miliar keuntungan tambahan untuk JPMorgan, USD3,85 miliar untuk Bank of America, dan sekitar USD2 miliar untuk Citigroup, menurut perhitungan keuntungan tersebut termasuk dalam pengajuan surat berharga bank-bank.



Tetapi jika The Fed hanya menaikkan tingkat suku bunga minggu ini sebesar 0,25 persen, maka dengan sendirinya tidak akan signifikan meningkatkan keuntungan bank.

"Jika mereka hanya meningkatkan (suku bunga) 25 basis poin, saya pikir bank-bank akan menyambut sinyal tersebut, tetapi Anda tidak akan melihat peningkatan pendapatan besar di angka tersebut," kata Justin Fuller, direktur senior di Fitch.

"Agar mereka dapat memperoleh manfaat dari kenaikan suku bunga, mereka membutuhkan serangkaian kenaikan suku bunga dari waktu ke waktu."

Para analis mengatakan bank-bank bisa menerima manfaat tambahan dari kenaikan suku bunga pekan ini jika bisnis mempercepat upaya untuk menjamin pembiayaan utang mendahului peningkatan suku bunga berikutnya. "Anda akan melihat beberapa jenis pinjaman lebih cepat didapatkan sebelum kenaikan suku bunga berikutnya," kata Fuller.
AHL

sumber

0 comments:

Post a Comment